Jumat, 18 Juli 2014

Tragedi Malaysia Air MH 17

Kita dikejutkan lagi dengan berita pesawat Malaysia Airlines MH 17  jatuh di Ukraina, padahal sebelumnya pesawat Malaysia MH 370  juga pernah hilang. Sungguh sial benar orang Malaysia ini, disaat MH 370 belum ketemu kini MH 17 terkena musibah. Ini kejadian kayak di film aja, mungkin kalau temanya film detektif pas tuh buat menggambarkan tragedi yang sedang terjadi. Tokoh yang diperankan mirip-mirip Conan lah tokoh kartun dari jepang atau Tintin si orang Amerika yang jago investigasi atau Sherlock Holmes biar kelihatan kayak suasana jaman klasik.


Peta penerbangan setelah adanya ketegangan antara Ukraina dan milisi Pro Rusia. Source : http://www.washingtonpost.com/



Missil anti pesawat yang diduga sebagai sumber  jatuhnya MH 17. Source : http://www.washingtonpost.com/


Asal negara penumpang MH 17. Source : http://www.washingtonpost.com/

Jalur Penerbangan MH 17 Source : http://www.washingtonpost.com/


Rabu, 21 Mei 2014

Trip Ke Pantai Nambung Lombok

Perjalanan kali ini merupakan perjalanan yang tidak disengaja . Karena tiba-tiba saja ada teman kantor yang mengajak untuk jalan ke pantai. Pada waktu itu hari Jum'at Tanggal 9 Mei sore hari, pada jam pulang kantor, ketika akan melakukan fingger print seorang teman kantor mengatakan 'ayo jalan-jalan", lantas saya pun menjawab "Kemana mas", kemudian teman saya menjawab "ya kemana aja yang penting asik". Lantas Saya berpikir tempat mana yang belum Saya kunjungi. Setelah saya pikir-pikir, saya masih teringat dengan siaran berita yang dimuat di TVRI. Dimana dalam berita tersebut ditayangkan liputan jalan-jalan ke Pantai Nambung. Nah..Ketika itu saya langsung berteriak "ke nambung aja, belum pernah kan?". Teman saya menjawab "iya belum pernah". Teman saya bertanya lagi "Kapan ya", Saya menjawab "hari  Minggu depan saja, pas libur", kemudian teman saya mengamininya.

Tiba juga hari minggu yang rasanya cepat sekali nyanpainya. Sejak pagi, Saya sudah menyiapkan untuk keperluan kesana. Tidak perlu muluk-muluk, bekal yang utama tentunya adalah fisik yang sehat, motor, kamera dan tidak boleh ketinggalan adalah dompet.

Pagi itu langit begitu cerah yang nampak warna biru bersih. Rupanya hal itu menginduksi kedalam hati dan pikiran ku yang ikut menjadi cerah tanpa awan mendung sedikitpun. Kami berjalan menggunakan kuda besi yang tenaganya hampir hilang lantaran bensin yang tersedia pada tangki motor tinggal sedikit. Tidak lupa kami mampir ke pompa bensin untuk memenuhi tuntutan mesin motor agar bisa meraung-raung mengantar kami hingga ke pantai dengan selamat. Uang dengan tulisan angka lima dan nol yang berjumlah empat buah, kami berikan kepada petugas pengisian bensin. Tangki motor kami ternyata begitu rakus, di isi bensin dengan uang lima puluh ribuan tidak menjadikan kenyang, masih banyak ruang yang kosong yang tidak bisa di isi dengan bensin. Tidak apa, toh nanti perjalanan yang kami lalui tidak begitu jauh, ya pulang pergi hanya 100 kilo meter (km) saja, dan itu saya rasa cukup ditopang dengan bensin yang sudah dimasukan kedalam tangki.

Dalam perjalanan menuju pantai, kami melewati  jalan yang mengular dengan karakteristik lingkungan, sosial, ekonomi, dan sebagainya yang berbeda. Lombok selama ini dikenal sebagai daerah yang memiliki keanekaragaman sosial budaya dan alam. Dari sisi sosial dan budaya misalnya diwarnai dengan kebudayaan masyarakat Sasak yang beragama Islam dengan kebudayaan masyarakat Bali yang beragama Hindu. Maupun karakteristik alamnya yang terdiri dari dataran rendah yang berupa pantai hingga dataran tinggi yang berupa pegunungan yang berjejer dan di komando oleh Gunung Rinjani. Semua itu merupakan gambaran  harmoni dari keragaman yang tersusun rapi dan terlihat indah ketika dilihat dari sudut pandang hati.

Pantai ini terletak di Dusun Nambung, Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju tempat ini tidaklah sulit. Berdasarkan hasil penelusuran Saya dengan Google Map, peta menuju ke pantai seperti gambar berikut :



Pantai Nambung memiliki keindahan yang luar biasa untuk dinikmati. Pada waktu itu, pengunjung kebanyakan merupakan anak muda dan sedikit orang tua. Pantai ini belum lama terkenal. Sebelumnya, hanya orang lokal saja yang dapat menikmati pantai tersebut. Pantai ini menjadi ramai ketika sekelompok anak muda yang doyan bermain media sosial saling update status baik lewat Twitter, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadikan keindahan Pantai Nambung cepat menyebar kepada masyarakat luas.

Ciri khas yang membedakan dengan pantai lain yaitu adanya air terjun di pantai. Air tersebut merupakan ombak besar yang menabrak batu karang, sehingga air tersebut melewati batu dan turun dari batu karang yang melintang. Pantai tersebut menjadi unik karena tidak semua pantai memiliki air terjun dari ombak besar yang menabrak karang. 
















Selasa, 13 Mei 2014

Indonesia Masih Relatif Aman dari Bahaya Alkohol

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Tahun 2010 menyatakan bahwa 2,5 juta kematian per tahun disebabkan oleh alkohol. "Hampir 4% dari semua kematian di seluruh dunia," kata laporan itu, "dikaitkan dengan alkohol, lebih besar dari kematian yang disebabkan oleh HIV / AIDS, kekerasan atau TB." Mengingat data pemerintah akun, survei yang dilakukan oleh WHO, dan sumber-sumber lain, laporan ini memberikan gambaran tentang konsumsi alkohol di 193 negara anggota organisasi. Menurut WHO, tingkat konsumsi umumnya tertinggi di negara maju dan tingkat konsumsi terendah umumnya terendah di negara-negara dengan populasi Muslim besar seperti Indonesia, Malaysia, dan Negara-negara Timur Tengah.

Alkohol yang dikonsumsi dalam berbagai bentuk (seperti bir, anggur dan roh). Berdasarkan data dari WHO , Russia menempati urutan pertama dari jumlah alkohol yang dikonsumsi perkapita penduduk. Sedangkan Indonesia memiliki tingkat konsumsi alkohol yang rendah. Berikut gambar yang bisa disajikan.



Perubahan konsumsi alkohol diseluruh dunia mengalami pasang naik/surut, sedangkan di Indonesia menunjukan tanpa bisa diprediksi. Tetapi, saya rasa nilai-nilai agama yang dianut sebagian besar masyarakat Indonesia akan membatasi tingkah laku masyarakat untuk mengonsumsi alkohol.


Berdasarkan jumlah kandungan alkohol dalam darah, Indonesia masih menunjukan tingkat yang relatif rendah yaitu dalam ambang batas normal.




Rabu, 30 April 2014

Gua Petruk Kebumen-Jawa Tengah

 Pernah sekali aku jalan-jalan ke Gua Petruk. Letaknya berada di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jateng, Indonesia. Perjalanan dari Kota Kebumen memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Saya sungguh sangat kagum ketika berada didalam gua. Karena saya mendapat pemandangan yang tidak bisa saya lihat. Didalam gua terdapat lokasi-lokasi yang memiliki ciri khusus yang bisa dikenali dari bentuk-bentuk batuan yang berbeda-beda. Misalnya ada batuan yang berbentuk orang tua, payudara wanita, otak, usus dan lain sebagainya.

Untuk menuju kedalam gua, setelah dari tempat parkir pengunjung membeli tiket yang dijual oleh pengelola, setelan tiket sudah berada di tangan dianjurkan untuk melihat peta gua yang letaknya berasa di sisi kiri kalau kita sedang berjalan dari tempat pembelian tiket menuju gua. Dengan melihat peta akan memudahkan pengunjung untuk berkeliling kedalam gua terutama untuk pengunjung yang tidak menggunakan jasa guide. Tetapi bagi pengunjung yang  pertama kesini dianjurkan untuk menggunakan jasa guide. Setelah kita keluar dari tempat pembelian tiket kemudian kita akan melewati ratusan anak tangga yang menanjak dan perlu kehati-hatian dari pengunjung. Agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan agar beristirahat ketika tubuh sudah merasa lelah. Setelah sampai didalam mulut gua akan ada banyak guide yang berjejer menawarkan jasa pemandu kedalam gua. Guide diperlukan karena didalam gua terdapat cabang-cabang dan beberapa anak sungai yang bisa saja menyesatkan pengunjung. Dan perlu hati-hati juga  ketika sedang terjadi hutan deras. Bisa saja didalam gua terjadi banjir. Dan nikmati saja perjalanannya seolah Anda sedang mencari sesuatu didalam gua.

Ketika itu Saya menggunakan jasa seorang guide yang masih muda sekitar 20 an Tahun. Guide tersebut menggunakan lampu penerangan petromak. Sambil membawa lampu, guide tersebut bercerita tentang gua tersebut. Entah berapa lama dia belajar tetapi suaranya terdengar menarik. Sembari guide menunjukan lokasi-lokasi yang dianggap unik, hati saya ragu untuk meyakininya dan menolaknya. Karena saya tipe orang yang tidak gampang percaya dan tidak gampang tidak percaya. Saya harus pelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan percaya atau tidak.

Kali ini bukan kunjungan pertama Saya ke gua ini. Sebelumnya sekitar tujuh tahun yang lalu Saya pernah mengunjungi gua ini. Waktu itu  Saya masih duduk di bangku SMP. Dalam rombongan ada saudara dan teman jika di total ada sekitar tujuh orang. Tujuh tahun silam tidak menghapus ingatan Saya akan petualangan yang pernah Saya lakukan didalam gua ini. Jika ingin menikmati gua sampai ujung, setidaknya pengunjung harus rela berkorban untuk berbasah-basahan didalam ruangan yang gelap. Karena kita tahu kalau penerangan yang ada yaitu senter yang kita bawa sendiri. Itulah justru kenikmatan yang dicari, dari suasana gelap seolah kita berada dalam sebuah latar film petualangan. Seolah kita tidak lagi hanya menonton, tapi juga ikut melakukan petualangan kedalam gua. Didalam kita akan merasakan ngesot, jongkok, berbaring, menyelusuri sungai, merunduk menghindar dari atap gua yang meruncing, merayap seperti seekor buaya dan gerakan-gerakan aneh lainnya didalam gua.

Sekarang kita kembali lagi ke masa kini dimana dalam kunjungan Saya kali ini ditemani hanya seorang saudara Saya yang kebetulan tidak ada acara pada waktu itu. Setelah saya lihat-lihat sepertinya antara sekarang dengan tujuh tahun silam tidak menunjukan perubahan yang signifikan. Baik dari keadaan fisik sekitar gua maupun pengunjungnya. Saya tidak tahu mengapa sepertinya perlu dilakukan lagi penataan agar suasana gua menjadi lebih menarik. Dari mulai pintu masuk pembelian tiket sampai ke depan mulut gua saya merasakan biasa-biasa saja. Perasaan itu seperti perasaan saya ketika tujuh tahun silam berkunjung ke lokasi tersebut. Sebagai seorang konsumen wisata, saya perlu untuk menuntut kepada yang bertanggung jawab untuk bisa membuat tempat tersebut terlihat menarik. Sehingga jika Saya berkunjung lagi ke gua tersebut dapat merasakan puas atas pelayanan wisata kepada konsumen. Jika berkaca dengan tempat lain di mana suatu tempat dapat menarik itu jika ditata dengan baik. Misalnya daerah sekitar harus bersih dari sampah yang mengganggu pemandangan, penataan para pedagang yang berjualan di tempat wisata, penambahan fasilitas untuk wisata seperti penambahan tempat sampah dan sekaligus dipasang plang tulisan yang menyuruh pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya, pembuatan taman-taman yang menarik khususnya agar setelah turun dari bukit yang lumayan tinggi bisa beristirahat untuk sekedar melepas lelah.

Peta lokasii gua petruk di Kebumen Jawa Tengah

Mulut gua Petruk di Kebumen Jawa Tengah

Air terjun yang alirannya berasal dari dalam gua

Batu didalam gua yang berbentuk otak





Batu yang berbentuk payudara

Sungai didalam gua

Sungai yang berada didalam Gua Petruk, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia

Kamis, 24 April 2014

Demokrasi Kerupuk

Pemilu legislatif 2014 yang tepatnya diadakan pada 9 April sukses dilaksanakan. Saat ini Kita sedang menunggu pengumuman resmi dari KPU, walaupun dari sebagian besar lembaga survei telah mengecap PDI P sebagai juara dengan perolehan antara 18-19% suara. Kemenangan PDIP yang tidak terlalu signifikan ini memiliki pengaruh dalam peta koalisi partai-partai peserta pemilu.

PDIP, Gerindra dan Golkar menjadi penentu dari sistem koalisi pada Pemilu Pilpres 2014. Ketiga partai tersebut memiliki pengaruh untuk menentukan Capres dan Cawapres. Dialog yang dilakukan oleh elit partai menjadi sebuah ajang penawaran dalam perdagangan politik 2014-2019. Partai-partai sudah memasang strategi agar dalam perjalanan lima tahun mendatang memberikan keuntungan bagi partai dan setidaknya keuntungan juga buat orang-orang yang telah memilih partai. Tapi kelihatannya, tawar menawar kekuasaan hanya sedikit yang menguntungkan para pemilih. Alih-alih untuk menyejahterakan rakyat, elit partai yang terpilih nampaknya akan lupa dengan rakyat yang telah memilih mereka menjadi penguasa  Bangsa ini. Hal ini karena mereka lebih senang memikirkan kelompok dan golongannya. Alasannya simpel, seolah mereka berkata begini, "golongan/kelompok saya saja masih susah kok malah mengurus orang lain". Alasan klasik dan seolah untuk membenarkan tindakan mereka yang tidak tahu malu itu.

Sistem pemerintahan Indonesia yang menganut presidensial memberi amanat yang kuat bagi Pemerintah dalam hal ini yaitu Presiden untuk bertindak sesuai dengan konstitusi. DPR dan Presiden adalah sebuah lembaga yang sejajar. Presiden tidak bisa menurunkan DPR dan sebaliknya DPR tidak bisa menurunkan Presiden. Karena masing-masing pihak dipilih oleh rakyat. Hanya rakyat dengan aturan konstitusi dapat menurunkan keduanya. Berbeda dengan negara yang menganut sistem parlementer yang dipimpin oleh perdana menteri. Dukungan mayoritas parlemen kepada Perdana Menteri dalam sistem parlementer mutlak untuk didapatkan. Setiap ada perubahan dukungan dari parlemen akan membuat pemerintahan menjadi goyah. Misalnya di Australia, pergantian perdana menteri sering dilakukan ketika mayoritas parlemen tidak mendukung kepada Perdana Menteri.

Antara sistem parlementer dengan sistem presidensil memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tapi setidaknya koalisi antar partai dalam sebuah negara dengan sistem presidensil diperlukan tapi tidak begitu berarti seperti di Indonesia. Dalam hal ini koalisi tidak efektif dalam mengawal pemerintahan hingga lima tahun. Kadang kala kita menemui kendala dalam koalisi antar partai. Mungkin hari ini terlihat bersatu, tapi belum tentu besok. Dalam bahasa politik ada kalimat yang berbunyi "yang sekarang menjadi lawan besok bisa menjadi teman dan yang sekarang menjadi teman besok bisa menjadi lawan". Tidak ada yang abadi dalam politik hal ini tergantung dari kebijakan yang dianut partai. Kebijakan selalu bersifat dinamis, artinya adalah berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Soal kebutuhan siapa yang diakomodir tentu menjadi pertanyaan, yang pasti partai politik terdiri dari individu-individu yang memiliki sikap dan perilaku yang sulit diprediksi. Ketika suatu kebijakan tidak menguntungkan individu-individu tertentu maka bisa saja kebijakan pada saat itu berubah.

Perlu disyukuri bahwa sampai Tahun 2014 bangsa kita telah menyelenggarakan pemilu sebanyak empat kali setelah era reformasi. Banyak perubahan yang dilakukan oleh bangsa ini menyangkut sistem pemilu jika dibanding dengan sebelum Tahun 1999. Tetapi ada juga yang tidak berubah, yakni kebiasaan elit politik kita dalam mencari dukungan. Yang tidak berubah salah satunya adalah politik transaksional. Tentu saja yang dirugikan dalam hal ini adalah rakyat. Kepentingan dari masing-masing pihak dalam koalisi menjadi ancaman terhadap makna demokrasi itu sendiri. Kepercayaan rakyat yang diberikan kepada anggota legislatif maupun pemerintah seolah tidak dilaksanakan dengan rasa tanggungjawab diantara para elit politik bangsa. Istilah "suara rakyat adalah suara Tuhan" diganti dengan istilah "suara rakyat adalah suara jangkrik". Tahukah apa itu suara jangkrik, yaitu suara yang hanya berbunyi ketika suasana sepi, dan  suatu saat  nanti juga akan berhenti sendiri ketika sang pemilik menggoyang-goyang kandang. Artinya adalah para elit tidak percaya lagi dengan kekuatan rakyat sebagai sebuah civil society. Mereka menganggap bisa membeli suara rakyat. Ketika masa kampanye hanya dengan bermodal membeli amplop untuk diisi dengan uang berwarna biru bergambar I Gusti Ngurah Rai atau uang berwarna merah muda bergambar pahlawan nasional Soekarno dan Hatta. Begitu murahnya suara rakyat yang bisa ditukar dengan uang yang mungkin hanya bisa untuk membeli kerupuk satu bal (1 bal=1 bungkus besar) dan bila dimakan satu keluarga dalam satu hari habis. Lalu harga demokrasi di Indonesia hanya dihargai dengan krupuk, kata bang Rhoma "sungguh terlalu". Seharusnya makna demokrasi adalah untuk menyejahterakan seluruh masyarakat selama 365 hari x lima tahun = 1.825 hari. Jika masyarakat diberi uang untuk membeli krupuk satu hari saja, maka pertanyaannya adalah yang 1.824 hari hidup dengan apa. Jawabannya tentu bisa bermacam-macam. Kalau rakyat sendiri sih tidak peduli, rakyat sih merasa acuh saja, mungkin karena pendidikan sebagian besar masyarakat yang masih rendah, dan rendahnya kesejahteraan masyarakat bangsa ini. Pikiran rakyat simpel yaitu mereka berpikir untuk makan hari ini, karena  hari esok tidak pasti. Politik Indonesia tidak ubahnya  politik amplop, politik rokok, politik beras, politik kaos, politik nasi bungkus, dan lain sebagainya. Tidak mudah untuk merubah hal ini. Disaat masyarakat masih kelaparan dan ditengah acuhnya masyarakat terhadap makna demokrasi, Saya rasa dalam beberapa Tahun mendatang, keadaan politik di Indonesia masih diwarnai dengan politik transaksional.

Salah satu kandidat kuat capres adalah Jokowi. Jokowi diyakini oleh banyak pihak sebagai orang yang berjasa dalam mengantarkan PDIP meraih juara dalam pemilu legislalif 2014. Elektabilitas Gubernur DKI tersebut telah mengarahkan masyarakat untuk memilih PDI dalam pemilu legislatif. Target PDIP yang semula dapat meraih suara sekitar 27%, tapi dalam kenyataannya harus gigit jari, sehingga PDIP memerlukan teman koalisi agar Jokowi berhak maju dalam pemilu presiden. PDI P harus lebih bekerja lebih giat lagi dalam pemilu presiden Juli nanti jika tidak ingin kecolongan. Kegagalan raihan target 27 % suara PDI P dipengaruhi banyak faktor. Kita tidak bisa menyalahkan internal PDIP itu sendiri maupun Jokowi, karena pemilu tidak ubahnya sebagai sebuah perdagangan visi misi calon legislatif. Pada pemilu legislatif kemarin, banyak partai memiliki caleg yang sukses meraih simpati masyarakat. Figur caleg lebih dominan ketimbang figur partai. Selain itu citra partai juga memengaruhi pemilih dalam memilih anggota legislatif. Misalnya masyarakat cenderung meninggalkan partai yang memiliki citra buruk terutama karena skandal korupsi dan citra jelek lainnya.

Ini harapan Saya sebagai penulis  agar pemimpin yang terpilih pada pemilu 2014 tidak terpancing dengan demokrasi yang semu. Seorang presiden yang terpilih selanjutnya harus mampu menghapus segala macam politik transaksional, karena politik tersebut tidak menguntungkan bangsa ini. Pemimpin bangsa ini harus mampu berdiri diatas semua kelas dan golongan. Mengapa Jokowi, karena menurut saya Jokowi memiliki elektabilitas yang bagus dibanding dengan calon yang lain seperti ARB dan Prabowo. Walaupun banyak orang yang tidak suka dengan menebar berita "hoax" tentang Jokowi namun hal tersebut akan membuat popularitasnya menjadi naik. Sekarang bukan lagi pemimpin yang tegap besar dan gagah seperti yang di idola kan oleh para ibu-ibu ketika era 2004 dan 2009, namun sekarang era nya orang kerempeng, mengapa orang kerempeng, karena orang kerempeng tanda tidak rakus dan ikhlas mengabdi untuk bangsa.

Selasa, 25 Maret 2014

Hari Hutan Internasional 2014 di NTB

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Hutan Internasional setiap Tanggal 21 Maret. Yang menjadi dasar dalam penetapan adalah Resolusi Nomor 67/200 Tahun 2012. Untuk melaksanakan resolusi tersebut, FAO mendorong negara-negara anggota untuk memperingati. Tema dalam Hari Hutan Internasional ditentukan oleh masing-masing negara. Hari Hutan Internasional di Indonesia pada Tahun 2014 ini diselenggarakan dengan tema "Hutan Kita Masa Depan Kita".

Makna dari tema tersebut adalah, hutan yang baik akan mampu menyejahterakan masyarakat disekitarnya. Sebaliknya, apabila hutan rusak maka bencana akan mengancam kita semua. Kita bisa lihat sekarang ini misalnya di Riau, kebakaran hutan pada awal Tahun 2014 ini telah menyebabkan aktivitas masyarakat Riau dan sekitarnya menjadi terganggu. Pada hari biasa, orang yang biasanya bekerja mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya, namun ketika bencana asap datang masyarakat hanya berdiam diri di rumah. Kerugian ekonomi akibat asap di Riau mencapai miliaran rupiah. Belum lagi kerugian kesehatan, sosial, lingkungan dan sebagainya tidak dapat di kalkulasi.

Sudah saatnya kini paradigma pembangunan diarahkan untuk menjaga keseimbangan pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan bidang  kesehatan, sosial, politik, budaya, dan bidang lainnya. Target pembangunan ekonomi yang tidak memperhatikan keseimbangan lingkungan akan menjadi bencana di kemudian hari. Sebelum terlambat sebelum ada kata penyesalan, kini saatnya kita semua menjadi agen dari perubahan di lingkungan kita dengan melakukan aksi nyata pada Hari Hutan Internasional. Salah satu cara yang sederhana adalah dengan melakukan penanaman pohon.

Di Nusa Tenggara Barat, Hari Hutan Internasional 2014 dipusatkan di HKm (Hutan Kemasyarakatan) Sesaot, tepatnya di Dusun Kumbi. Dalam acara tersebut dihadiri oleh stakeholder di bidang kehutanan khususnya yang berada di Lombok. UPT Kementerian Kehutanan seperti BP DAS, BKSDA, Taman Nasional dan Dinas Kehutanan Provinsi dan Kabupaten serta unsur masyarakat, TNI-POLRI, dan Pemerintah setempat bersama-sama melakukan aksi nyata penanaman pohon di Dusun Kumbi. Semua bersatu menanam pohon yang nantinya pohon tersebut akan menjaga masyarakat dengan memberi jasa lingkungan berupa oksigen, penyimpanan cadangan air, pencegahan longsor, erosi dan lain sebagainya.

Bibit dalam acara tersebut disediakan oleh BP DAS. Bibit yang ditanam seperti mahoni dan jenis gyrinops. Diharapkan bibit yang telah ditanam dapat dijaga oleh masyarakat sekitar. Bibit ditanam disamping lapangan sepak bola. Mudah-mudahan saja tidak rusak oleh orang yang bermain bola disana.


Rombongan dari Litbang Kehutanan Mataram (BPTHHBK)

Rombongan dari BPTHHBK berfoto didepan spanduk  Hari Hutan Internasional

Hadirin tamu undangan Hari Hutan Internasional

Penyerahan bibit dari Kepada Dinas Kehutanan NTB kepada perwakilan kelompok masyarakat


Kepala Dinas Kehutanan NTB dan Kepala BP DAS saat menanam 


Tim penanam dari BPTHHBK( dari kiri : Aslah, Alfu mahar syarofi, Alex Novandra)

Kepala BPT HHBK (Bapak Edi) dan Kepala Seksi Dispra (Bapak I Made Widnyana) melakukan penanaman

Tidak lupa bapak TNI juga ikut menanam pohon

Perlu diketahui bahwa daerah sekitar penanaman merupakan salah satu penghasil durian terbesar di Lombok. Ketika acara berlangsung banyak masyarakat yang datang untuk menawarkan durian kepada peserta. Salah satu rombongan yang tertarik untuk mencicipi nikmatnya durian adalah dari BPTHHBK. Rombongan yang di komandani langsung oleh kepala balai berhasil mencicipi nikmatnya durian dari Kumbi. Ketika di coba...HMMMMMM nikmatnya luar biasa. Durian dari sini terkenal karena rasa gurih di lidah. Apalagi durian habis jatuh langsung dari pohonnya.

Berjuang sekuat tenaga demi untuk mencicipi gurihnya durian dari Kumbi

Pedagang yang telah baik mau membukakan durian untuk dinikamati oleh rombongan 

Jangan coba-coba untuk menikmati durian ini, karena pasti Anda akan ketagihan

Seorang pedagang yang memilah-milah durian
 
Ekspresi muka ketika mencicipi durian 


Gambaran hutan di TWA Suranadi dekat dengan likasi penanaman
                                         
Numpang nampang selfie, ini dia yang jadi tukang poto
                                                                             

Selasa, 25 Februari 2014

Tips Mudah Mencegah Penyakit Flu

Penyakit flu mudah menjangkiti siapa saja terutama orang yang berpenyakit  anemia , serta rendahnya tingkat vitamin B12 dan / atau asam folat dalam tubuh. Hal kecil yang perlu dilakukan antara lain :

A. Sebelum Terjangkit Flu

Mencuci tangan adalah hal yang mudah dilakukan, tapi jarang dilakukan untuk mencegah penyakit . Hindari sabun anti bakteri yang mengandung triclosan, karena berkontribusi terhadap invasi super dari bakteri tersebut . Gunakan sabun biasa dengan air hangat dan gosoklah  tangan selama sekitar 20 detik terutama saat :

  • sebelum dan sesudah makan atau menyiapkan makanan 
  • setelah menggunakan wc
  • setelah memegang uang , gagang pintu , dan surat 

Tidurlah yang cukup  karena kelelahan menyebabkan kerentanan terhadap tubuh dari  dari segala jenis penyakit.

Salah satu tindakan pencegahan  rutin  untuk terhindar flu antara lain antara lain mengkonsumsi :

  • minyak ikan  cod satu sendok teh setiap hari untuk anak-anak dan 1 sendok makan setiap hari untuk orang dewasa . 
  • vitamin C dari buah lemon , jeruk ,  strawberry rasa dan lain-lain.
  • Vitamin C dari suplemen juga penting . Anak-anak harus mendapatkan sekitar 500 mg sehari dan orang dewasa harus mendapatkan 1.000 sampai 2.000 mg . Tidak dianjurkan mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan karena  akan menyebabkan mencret.
  • Olahraga yang cukup
  • Jaga kebersihan lingkungan


B. Sesudah Terjangkit Flu

Salah satu cara terbaik untuk melawan virus adalah pencegahan, namun apabila  terjangkit virus tersebut salah satunya adalah dengan mengkonsumsi antivirus. Salah satu antivirus  adalah zinc ( 50 mg per hari untuk orang dewasa , 15 mg untuk anak-anak ) dan vitamin A ( 25.000 III sehari-hari; hindari jika Anda sedang hamil atau menyusui ) . Semua ini  dapat juga digunakan sebagai penanggulangan sebelum terkena penyakit (preventif). Vitamin D juga penting untuk tetap sehat . Vitamin D  sebagai nutrisi penting tidak hanya untuk tulang , tetapi juga untuk kesehatan hati , integritas sel , pencegahan kanker , dan kemungkinan pencegahan virus flu . Tingkat optimal berkisar antara 60 dan 90 mg / mL .

Jika Anda menderita sakit tenggorokan , cobalah cairan antivirus yang mengandung  eucalyptus atau zat mentol lain ( seperti semprotan Ol bas atau pastilles ) . Eucalyptus bekerja dengan baik untuk mencegah dan mengobati radang tenggorokan karena virus, biasanya yang mudah didapat yaitu permen Viks yang banyak dijual di apotek . Solusi lain  yaitu mengkonsumsi minyak jeruk pahit untuk menyembuhkan infeksi tenggorokan .

Jika flu Anda dimulai dengan batuk ,  teh lemon hangat dicampur  madu dapat bekerja baik untuk mengurangi sakit.




sumber : (Kane, Emily A, ND, LAcBetter Nutrition71.8 (Aug 2009): 18-19)