Selasa, 19 April 2011

6 Jam di Kebumen Selatan


Lihat Peta Lebih Besar

Liburan kembali tiba. Perjalanan ini Saya lakukan sekitar bulan Januari 2011 dengan tujuan pantai-pantai yang ada di jalur selatan Kebumen. Dengan menggunakan sepeda motor Saya ber-touring menyusuri jalan yang dimulai dari Kutowinangun kearah barat kemudian sampai di Kebumen dilanjutkan kearah selatan dan setelah sampai di Bulus Pesantren Saya menuju ke arah barat yaitu Petanahan, Puring, Ayah kemudian menuju arah Gombong dan kembali menuju rumah di Kutowinangun.
Sekitar Pukul sebelas siang perjalanan dimulai Dengan beberapa pantai yang ada di Kabupaten Kebumen khususnya yang berada di wilayah selatan agak ke barat. Pantai itu antara lain Pantai Bocor, Pantai Suwuk, dan Pantai Logending.

1.Pantai Bocor


Layaknya pantai-pantai yang ada di Bali. Di pantai Bocor juga terdapat wahana permainan yang seru yang tentunya lebih murah dan menghibur. Tampak sekelompok orang yang tengah bermain dengan ban truk.







Pantai Bocor Kebumen, Letaknya di Desa Setro Jenar, Bulus Pesantren. Pantai ini ramai dikunjungi pada saat-saat liburan terutama liburan hari raya idul fitri.

Ombak Pantai Bocor memiliki ketinggian yang lumayan  tinggi, sehingga nantinya pantai ini sangat ideal untuk pengembangan olahraga surfing.



Dipantai Bocor juga terdapat wahana bermain untuk anak-anak. Wahana tersebut yaitu kolam renang yang dibuat dengan menggunakan terpal. Ketinggian airnya berkisar antara 50-70 CM.





2. Pantai Suwuk

Sebelum kita memasuki pantai Suwuk dari arah timur, kita disuguhi oleh plang selamat datang. Wisata keliling desa atau istilahnya "eco wisata' ini sekarang memang sedang banyak digalakan di negara-negara bekembang, Sebagai upaya untuk menarik minat wisatawan khususnya yang berasal dari perkotaan negara-negara maju . Karena selama ini mereka merasa stres dengan hiruk pikuk industri.





Pada saat Saya datang ke Pantai Suwuk kebetulan air yang mengalir di sungai sebelah pantai warnanya keruh dan Saya merasa kecewa karena tidak dapat menikmati momen indah dimana seharusnya background empat Saya berfoto berwarna biru.

Salah satu pemandangan yang bisa dilihat dari Pantai Suwuk. Lumayan bisa menghilangkan rasa penat akibat aktifitas sehari-hari yang banyak menyita pikiran.







Di Pantai Suwuk juga terdapat perkebunan milik warga. Perkebunan tersebut ditanami berbagai macam tanaman yang antara lain, singkong, kelapa, kacang, jagung, pepaya, dll.

Seperti halnya kebun binatang, di Pantai suwuk juga terdapat aneka satwa mulai dari yang lokal sampai satwa yang didatangkan dari luar negeri.

Dengan pantai pasir hitamnya yang eksotik menjadikan Pantai Suwuk akan banyak meninggalkan banyak kenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Disebelah barat pantai Suwuk terdapat tumpukan batu-batu besar yang kokoh dan terlihat seperti batu karang. Hal ini menjadikan mirip dengan pantai-pantai yang memiliki karakteristik berkarang, seperti pantai krakal di Gunung Kidul.

Jangan khawati jika Anda tidak membawa bekal makanan , Karena di pinggiran pantai telah banyak pedagang yang menanti datangnya pembeli. Pecel dengan lontongya merupakan makanan yang favorit disini.

Nampak dalam foto Pantai Karang Bolong. Pantai Karang Bolong dengan Pantai Suwuk hanya berjarak beberapa puluh meter saja, hanya dibat oleh oleh muara sungai.

Makanan khas pantai. Makanan ini adalah rempeyek, namun tidak menggunakan kacang tetapi menggunakan hewan laut sejenis dengan kepiting.

Jika Anda haus, langsung aja ke pinggir pantai untuk membeli berbagai macam minuman yang dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal (lebih mahal sedikit jika dibanding dengan penjual pada umumnya)

Jika Anda memiliki hobbi mancing Saya sarankan untuk membawa pancing. Daerah yang biasanya digunakan untuk memancing berada di bagian barat dari pantai Suwuk.






3. Pantai Logending


Pantai yang terlihat dari atas bukit.

Tanjakan yang sangat curam, Untuk motor baru gampang melaluinya.

Berhenti diatas bukit untuk melihat pemandangan

Ini gambar jalan menuju Pantai Ayah atau biasa disebut dengan Pantai Logending. Jika ditempuh dari arah pantai Suwuk maka kita akan menemui medang yang berat, dengan jalan yang naik turun bukit.

Mi Sultan agung di Kecamatan Ayah.

Perahu ini disewakan untuk para pengunjung Pantai Logending yang ingin melihat suasana pantai, tarif yang dikenakan untuk sekali perjalanan perorang sebesar Rp5.000,00

Disebelah timur pantai Ayah juga terdapat karang yang malah mempercantik pemandangan yang seolah-olah merupakan suatu komposisi yang saling mendukung satu sama lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo