Kamis, 24 November 2011

Manfaat Buah Duwet (Syzgium cumini)

Enak juga  tinggal di lingkungan yang memiliki tanaman buah-buahan. Belum lama ini saat sore hari, saat lagi suntuk-suntuknya didalam kamar tiba-tiba saja Saya berpikiran untuk keluar. Dan pada saat membuka pintu dan terdiam sebentar, tanpa saya sadari mata saya tertuju pada sebuah pohon yang lagi tumbuh didepan mess. Terlihat dari jauh buah kecil berwarna putih membangkitkan nafsu saya untuk segera memetik buah tersebut. Buah itu yaitu buah duwet.
Buah Duwet

Buah Duwet

Syzgium cumini

Daun buah duwet


Rasanya seperti buah salam, yaitu sepet agak manis-manis dikit, tetapi ukurannya lebih besar dari buah salam. Buahnya sebesar ukuran kelereng, sementara bijinya hampir mencapai 70 persen dari keseluruhan buah.

Tinggi pohon yang saya panjat itu sekitar lima meter, belum terlalu tinggi sih, jadi saya berkeinginan untuk memanjat walaupun menggunakan sandal. Dengan perasaan yang agak takut, karena licin habis diguyur hujan, Saya dengan langkah hati-hari  memetik buah duwet.
Setiap kali memetik buah duwet, langsung saya telan mentah-mentah tanpa mempedulikan kebersihan-nya. Ya tidak apa-apa sih, kan habis hujan jadi masih sedikit bersih lah, ya walaupun disekitar tempat tinggalku pada waktu itu lagi musim lalat.

Sebenarnya buah duwet memiliki berbagai macam warna, yang paling banyak adalah warna ungu. Jika makan buah duwet yang berwarna ungu akan menyebabkan mulut kita juga ikut berwarna ungu seperti warna buah yang kita makan. Tetapi, untuk buah duwet yang berwarna putih, jika dimakan, didalam mulut kita tidak memberi efek warna, ya mungkin karena warnanya  seperti warna kulit rongga mulut manusia jadi yang tidak menyebabkan efek warna jika dimakan.

Manfaatnya sih banyak banget antara lain
  • Penyembuhan luka diabetes
  • Anti oksidan
  • Mencegah kelebihan kolesterol
  • Mengobati mencret
Kalau untuk saya, pada waktu memetik  itu sih, buah duwet untuk mengobati kelaparan setelah bangun tidur. Tidak disangka ya!! buah yang kelihatannya tidak menarik tetapi manfaatnya sangat besar. Saya hampir tidak pernah menjumpai buah tersebut dijual di pasar. Mungkin, karena masyarakat tidak mengetahui manfaatnya yang besar. Memang buah tersebut termasuk buah yang ndeso alias kampungan. Bayangkan saja, buah yang kecil sebesar buah anggur yang rasanya saja sepet itu, memang siapa sih yang mau makan buah yang sepet, lah wong untuk membeli buah yang manis dan berpenampilan segar (anggur, jeruk, apel, alpukan dsb) mampu.

Daun buah duwet
Karena pengentahuan masyarakat yang terbatas mengenai buah duwet itulah yang menyebabkan buah duwet tidak menarik untuk dibudidayakan oleh masyarakat. Buah duwet selama ini hanya tumbuh liar dialam bebas tanpa diurus mansusia. Pohon buah ini relatif untuk bisa hidup diberbagai kondisi daerah. Jika pengetahuan masyarakat mengenai manfaat buah duwet itu baik, saya rasa buah duwet akan menjadi tanaman yang diperhitungkan oleh masyarakat. Dan jika, penanaman pohon duwet itu terus meningkat di Indonesia, Saya yakin orang Indonesia jarang yang terkena penyakit diabetes. HAHA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo