Rabu, 30 April 2014

Gua Petruk Kebumen-Jawa Tengah

Letaknya berada di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jateng, Indonesia. Perjalanan dari Kota Kebumen memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Saya sungguh sangat kagum ketika berada didalam gua. Karena saya mendapat pemandangan yang tidak bisa saya lihat di tempat lain. Didalam gua terdapat lokasi-lokasi yang memiliki ciri khusus yang bisa dikenali dari bentuk-bentuk batuan yang berbeda-beda. Misalnya ada batuan yang berbentuk orang tua, payudara wanita, otak, usus dan lain sebagainya.

Untuk menuju kedalam gua, setelah dari tempat parkir pengunjung membeli tiket yang dijual oleh pengelola, setelan tiket sudah berada di tangan dianjurkan untuk melihat peta gua yang letaknya berasa di sisi kiri  dari tempat pembelian tiket . Dengan melihat peta akan memudahkan pengunjung untuk berkeliling kedalam gua terutama untuk pengunjung yang tidak menggunakan jasa guide. Tetapi bagi pengunjung yang  pertama kesini dianjurkan untuk menggunakan jasa guide, karena akan sangat bahaya dan dapat tersesat didalam gua terutama untuk pengunjung yang belum berpengalaman.

 Setelah kita keluar dari tempat pembelian tiket kemudian kita akan melewati ratusan anak tangga yang menanjak dan perlu kehati-hatian dari pengunjung. Agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan untuk beristirahat ketika tubuh sudah merasa lelah. Setelah sampai didalam mulut gua akan ada banyak guide yang berjejer menawarkan jasa pemandu kedalam gua. Guide diperlukan karena didalam gua terdapat cabang-cabang dan beberapa anak sungai yang bisa saja menyesatkan pengunjung. Dan perlu hati-hati   ketika sedang terjadi hutan deras. Bisa saja didalam gua terjadi banjir. Dan nikmati saja perjalanannya seolah Anda sedang mencari sesuatu didalam gua.

Ketika itu Saya menggunakan jasa seorang guide yang masih muda sekitar 20  Tahun. Guide tersebut menggunakan lampu penerangan petromak. Sambil membawa lampu, guide tersebut bercerita tentang gua tersebut. Entah berapa lama dia belajar tetapi suaranya terdengar menarik. Sembari guide menunjukan lokasi-lokasi yang dianggap unik, hati saya ragu untuk meyakininya dan menolaknya. Karena saya tipe orang yang tidak gampang percaya dan tidak gampang tidak percaya. Saya harus pelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan percaya atau tidak.

Kali ini bukan kunjungan pertama Saya ke gua ini. Sebelumnya sekitar tujuh tahun yang lalu Saya pernah mengunjungi gua ini. Waktu itu  Saya masih duduk di bangku SMP. Dalam rombongan ada saudara dan teman jika di total ada sekitar tujuh orang. Tujuh tahun silam tidak menghapus ingatan Saya akan petualangan yang pernah Saya lakukan didalam gua ini.

 Jika ingin menikmati gua sampai ujung, setidaknya pengunjung harus rela berkorban untuk berbasah-basahan didalam ruang gua yang gelap dan dingin. Untuk penerangan, kita menggunakan senter yang kita bawa sendiri. Itulah  kenikmatan yang dicari, dari suasana gelap seolah kita berada dalam sebuah latar film petualangan. Seolah kita tidak lagi hanya menonton, tapi juga ikut melakukan petualangan kedalam gua. Didalam kita akan merasakan ngesot, jongkok, berbaring, menyelusuri sungai, merunduk menghindar dari atap gua yang runcing, merayap seperti seekor buaya dan gerakan-gerakan aneh lainnya didalam gua.

Sekarang kita kembali lagi ke masa kini dimana dalam kunjungan Saya kali ini ditemani hanya satu orang saudara yang kebetulan tidak ada acara pada waktu itu. Setelah saya lihat-lihat sepertinya antara sekarang dengan tujuh tahun silam tidak menunjukan perubahan yang signifikan. Baik dari keadaan fisik sekitar gua maupun pengunjungnya. Saya tidak tahu mengapa sepertinya perlu dilakukan lagi penataan agar suasana gua menjadi lebih menarik. Dari mulai pintu masuk pembelian tiket sampai ke depan mulut gua saya merasakan biasa-biasa saja. Perasaan itu seperti perasaan saya ketika tujuh tahun silam berkunjung ke lokasi tersebut. Sebagai seorang konsumen wisata, saya perlu  menuntut kepada pengelola untuk bisa membuat tempat tersebut terlihat menarik. Sehingga jika Saya berkunjung lagi ke gua tersebut dapat merasakan puas atas pelayanan wisata.

Jika berkaca dengan tempat lain di mana suatu tempat dapat menarik itu jika ditata dengan baik. Misalnya daerah sekitar harus bersih dari sampah yang mengganggu pemandangan, penataan para pedagang yang berjualan di tempat wisata, penambahan fasilitas untuk wisata seperti penambahan tempat sampah dan sekaligus dipasang plang tulisan yang menyuruh pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya, pembuatan taman-taman yang menarik khususnya agar setelah turun dari bukit yang lumayan tinggi bisa beristirahat untuk sekedar melepas lelah.

Peta lokasii gua petruk di Kebumen Jawa Tengah

Mulut gua Petruk di Kebumen Jawa Tengah

Air terjun yang alirannya berasal dari dalam gua

Batu didalam gua yang berbentuk otak





Batu yang berbentuk payudara

Sungai didalam gua

Sungai yang berada didalam Gua Petruk, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo