Rabu, 21 Mei 2014

Trip Ke Pantai Nambung Lombok

Perjalanan kali ini merupakan perjalanan yang tidak disengaja . Karena tiba-tiba saja ada teman kantor yang mengajak untuk jalan ke pantai. Pada waktu itu hari Jum'at Tanggal 9 Mei sore hari, pada jam pulang kantor, ketika akan melakukan fingger print seorang teman kantor mengatakan 'ayo jalan-jalan", lantas saya pun menjawab "Kemana mas", kemudian teman saya menjawab "ya kemana aja yang penting asik". Lantas Saya berpikir tempat mana yang belum Saya kunjungi. Setelah saya pikir-pikir, saya masih teringat dengan siaran berita yang dimuat di TVRI. Dimana dalam berita tersebut ditayangkan liputan jalan-jalan ke Pantai Nambung. Nah..Ketika itu saya langsung berteriak "ke nambung aja, belum pernah kan?". Teman saya menjawab "iya belum pernah". Teman saya bertanya lagi "Kapan ya", Saya menjawab "hari  Minggu depan saja, pas libur", kemudian teman saya mengamininya.

Tiba juga hari minggu yang rasanya cepat sekali nyanpainya. Sejak pagi, Saya sudah menyiapkan untuk keperluan kesana. Tidak perlu muluk-muluk, bekal yang utama tentunya adalah fisik yang sehat, motor, kamera dan tidak boleh ketinggalan adalah dompet.

Pagi itu langit begitu cerah yang nampak warna biru bersih. Rupanya hal itu menginduksi kedalam hati dan pikiran ku yang ikut menjadi cerah tanpa awan mendung sedikitpun. Kami berjalan menggunakan kuda besi yang tenaganya hampir hilang lantaran bensin yang tersedia pada tangki motor tinggal sedikit. Tidak lupa kami mampir ke pompa bensin untuk memenuhi tuntutan mesin motor agar bisa meraung-raung mengantar kami hingga ke pantai dengan selamat. Uang dengan tulisan angka lima dan nol yang berjumlah empat buah, kami berikan kepada petugas pengisian bensin. Tangki motor kami ternyata begitu rakus, di isi bensin dengan uang lima puluh ribuan tidak menjadikan kenyang, masih banyak ruang yang kosong yang tidak bisa di isi dengan bensin. Tidak apa, toh nanti perjalanan yang kami lalui tidak begitu jauh, ya pulang pergi hanya 100 kilo meter (km) saja, dan itu saya rasa cukup ditopang dengan bensin yang sudah dimasukan kedalam tangki.

Dalam perjalanan menuju pantai, kami melewati  jalan yang mengular dengan karakteristik lingkungan, sosial, ekonomi, dan sebagainya yang berbeda. Lombok selama ini dikenal sebagai daerah yang memiliki keanekaragaman sosial budaya dan alam. Dari sisi sosial dan budaya misalnya diwarnai dengan kebudayaan masyarakat Sasak yang beragama Islam dengan kebudayaan masyarakat Bali yang beragama Hindu. Maupun karakteristik alamnya yang terdiri dari dataran rendah yang berupa pantai hingga dataran tinggi yang berupa pegunungan yang berjejer dan di komando oleh Gunung Rinjani. Semua itu merupakan gambaran  harmoni dari keragaman yang tersusun rapi dan terlihat indah ketika dilihat dari sudut pandang hati.

Pantai ini terletak di Dusun Nambung, Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju tempat ini tidaklah sulit. Berdasarkan hasil penelusuran Saya dengan Google Map, peta menuju ke pantai seperti gambar berikut :



Pantai Nambung memiliki keindahan yang luar biasa untuk dinikmati. Pada waktu itu, pengunjung kebanyakan merupakan anak muda dan sedikit orang tua. Pantai ini belum lama terkenal. Sebelumnya, hanya orang lokal saja yang dapat menikmati pantai tersebut. Pantai ini menjadi ramai ketika sekelompok anak muda yang doyan bermain media sosial saling update status baik lewat Twitter, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadikan keindahan Pantai Nambung cepat menyebar kepada masyarakat luas.

Ciri khas yang membedakan dengan pantai lain yaitu adanya air terjun di pantai. Air tersebut merupakan ombak besar yang menabrak batu karang, sehingga air tersebut melewati batu dan turun dari batu karang yang melintang. Pantai tersebut menjadi unik karena tidak semua pantai memiliki air terjun dari ombak besar yang menabrak karang. 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Porn, Racism, Sadism

Makan Bersama di Lombok Namanya Begibung

     Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya yang pernah mendapat undangan makan dari teman dalam rangka maulid nabi. A...

Populer, Sist/Broo